Selasa, 12 Juli 2011

Membuat CGI dengan Pascal

Ada yang mengatakan bahwa para programmer Pascal mungkin tidak pernah bermimpi dapat membuat aplikasi berbasis web. Memang untuk saat ini tidak ada tool/library khusus yang dapat digunakan oleh programmer Pascal untuk membuat aplikasi berbasis web, kecuali mungkin framework .NET-nya Microsoft. Tapi dengan sedikit mengutak-atik, para programmer Pascal sebetulnya bisa ambil bagian dalam dunia yang satu ini.

Artikel ini saya tulis untuk berbagi pengalaman membuat program CGI dengan Pascal. Awalnya saya penasaran dengan pernyataan bahwa CGI dapat dibuat dengan sembarang bahasa pemrograman1. Jika demikian, tentunya CGI juga dapat dibuat dengan menggunakan Pascal. Maka iseng-iseng saya coba kutak-katik webserver Apache di komputer saya, dan jadilah tulisan ini. Spesifikasi sistem yang saya gunakan adalah Pascal untuk platform DOS dan webserver Apache 1.3.22. Sebagai catatan, saya belum mencoba cara ini pada web server selain Apache, dan tidak berhasil pada web server IIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar