Selasa, 12 Juli 2011

BahasaVisual dBase

Pada pertengahan tahun 1990-an Microsoft Corporation memperkenalkan beberapa produk ber-orientasi objek yang menonjolkan disain antarmuka berbentuk visualisasi seperti Visual BASIC, Visual C++, Borland Delphi, dsb. Sejalan dengan perkembangan itu maka Borland juga me-rilis Visual dBase, yang memiliki bahasa dasar yang persis sama dengan bahasa xBase. Namun demikian pada hakekatnya konsep pemrograman xBase dan Visual dBase sangat berbeda. Pemrograman xBase mengikuti konsep prosedural, dimana program adalah susunan baris-baris program yang dilaksanakan secara ber-urutan melalui suatu prosedur-prosedur yang telah ditetapkan. Visual dBase mengikuti konsep “event-driven”, bahwa program berjalan berdasarkan urutan kejadian (event) yang dilakukan oleh user. Suatu event bisa berarti aksi yang dilakukan user ketika meng-klik mouse, menekan tombol Enter, atau memilih satu item-menu, dsb.

Membuat program dalam Visual dBase tidak dimulai dengan mengetik baris-baris program tetapi dimulai dengan formulir antarmuka, misalnya formulir dataentry atau formulir untuk report. Pada rancangan antarmuka ini biasanya dipasangi tombol-tombol khusus yang apabila di-klik (event-driven) akan melakukan sesuatu, nah dibelakang tombol-tombol inilah dipasangi program, misalnya sbb:

Procedure TOMBOLHAPUS_OnClick
Jawaban = MSGBOX(“Anda Yakin?”, ;
“Menghapus Record data ini”, 4+16)
IF Jawaban <> 6 && Pilihan No
MSGBOX(“Record ini tdk dihapus”, “Perhatian”, 0)
RETURN
ELSE
* Menghapus Record Data
DELETE
MSGBOX(“Record ini sudah dihapus”, “Perhatian”, 0)
* ambil data sebelumnya
SKIP -1
* arahkan pointer record ke
* record pertama bila ketemu BOF
IF BOF( )
GOTO TOP
ENDIF
* akhiri program jika tak ada lagi
IF EOF( )
MSGBOX(“Record sudah habis”, “Perhatian”, 0)
FORM.Close( )
ENDIF
ENDIF
* tampilkan record sekarang ini
Form.TampilkanField()
RETURN

Program diatas adalah potongan program yang berada dibalik satu tombol yang bernama TOMBOLHAPUS, bila tombol ini di-klik maka program tersebut dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar